Mendapat 3 SKP dari menulis ke Media Cetak

Satuan Kredit Partisipasi atau yang biasa disingkat SKP merupakan salah satu syarat untuk bisa lulus dari Atma Jaya. Minimal mahasiswa harus bisa mengumpulkan 15 SKP untuk memenuhi persyaratan kelulusan. Yup, biasanya SKP ini langsung dicari-cari oleh mahasiswa baru. Apalagi untuk SKP ilmiah yang lebih sulit dicari, biasanya seminar-seminar langsung diikuti supaya bisa mendapat SKP ilmiah. Ya itu strategi yang cukup bagus. Selagi masih semester awal, mengumpulkan SKP ilmiah. Namun bagaimana jika hingga menjelang semester akhir SKP ilmiah belum mencapai 4,5 ? Disatu sisi, mungkin sudah tidak sempat lagi ikut seminar karena kesibukan di semester-semester akhir. Apalagi jika ikut seminar hanya mendapat 1 SKP.

Sebenarnya terdapat cara lain dan bahkan bisa langsung mendapat 3 SKP ilmiah. Caranya adalah dengan mengirim tulisan ke media cetak. Media cetak bisa berupa koran, tabloid, dan majalah. Jika tulisan yang kita kirim ke media cetak dimuat, maka kita bisa mendapat 3 SKP. Hal tersebut sesuai dengan yang ada pada buku pedoman SKP. Disitu tertulis mengirim tulisan ke koran/tabloid nasional, poin SKPnya 3.Saya juga sudah pernah mengajukannya ke PA dan itu disetujui. Jadi jika kamu suka menulis, bisa dicoba itu.

Tulisan yang biasa diterima media cetak biasanya cerpen, resensi buku, dan opini. Hampir setiap koran menyediakan ketiga rubrik tersebut. Namun untuk opini biasanya diisi oleh para kalangan intelektual seperti dosen, ahli, peneliti, pejabat pemerintah, dll.

Untuk mahasiswa, Ada beberapa koran yang menyediakan rubrik khusus untuk menampung kiriman tulisan opini dari mahasiswa yaitu Kompas, Sindo, Suara Merdeka, Kedaulatan Rakyat, dan Pikiran Rakyat. Untuk kompas dan Sindo, terdapat tema opini disetiap periodenya. Mahasiswa memberikan opini terhadap tema yang diberikan tersebut.

Rubrik Argumentasi Kompas Kampus


Rubrik Poros Mahsiswa Koran Sindo

Memang tidak semudah itu tulisan kita bisa dimuat di media cetak. Perlu usaha berkali-kali mengirim tulisan hingga akhirnya dimuat. Namun, berdasarkan pengalaman, terdapat beberapa media yang cukup mudah ditembus yaitu harian BOLA, Tabloid BOLA, dan Tabloid SOCCER. Tulisan untuk ketiga media tersebut berupa opini tentang sepakbola.

Tulisan biasanya dikirim lewat email. Berikut ini email beberapa media cetak:
Harian Bola: harian@bolanews.com (rubrik forum pembaca)
Tabloid Bola: mingguan@bolanews.com (rubrik suara tifosi)
Tabloid Soccer: soccer@gramedia-majalah.com (rubrik surat pembaca)
Kompas: redaksikompaskampus@gmail.com (rubrik argumentasi, halaman kompas kampus setiap selasa)
Sindo: poros.mahasiswa.sindo@gmail.com (rurbirk poros mahasiswa)
Pikiran Rakyat: kampus_pr@yahoo.com (rubrik mimbar akademik, tema bebas, terbit kamis)

Untuk lebih lengkap mengenai rubriknya silakan melihat/membaca langsung pada media cetak tersebut.

Raimundus Brian P
2010-035-021


07 Februari 2014 0 comments

0 comments:

Posting Komentar

html hit counter

powered by
Free Domain Name