Going on Exchange with AIESEC!

Readers, pernah dengar organisasi bernama AIESEC? Mungkin diantara kalian masih banyak yang belum familiar dengan nama tersebut, untuk itu Admin ingin sharing mengenai apa itu AIESEC dan program-program menarik apa saja yang ditawarkan AIESEC sehingga kalian dapat mendapat pengalaman bekerja selama beberapa minggu di luar negeri! ;)

Sedikit gambaran mengenai AIESEC dapat dilihat dalam video di bawah ini.


Gimana, udah sedikit ngerti?

Kalau belum, Admin coba jelasin sedikit garis besarnya ya. Jadi, AIESEC itu adalah satu organisasi global yang bertujuan untuk mengembangkan potensi para generasi muda sehingga mereka lebih tanggap mengenai world issues seperti pendidikan, kesehatan, lingkungan alam, perkembangan teknologi, dll. AIESEC sendiri sudah tersebar di lebih dari 113 negara, dan di Indonesia sendiri ada 6 Local Committee (LC) dimana kalian bisa ikut berpartisipasi dengan mendaftar di LC tersebut. Lebih lanjut soal AIESEC Indonesia, kalian bisa klik di sini.

Nah, itu baru pembukaan soal AIESEC, sekarang Admin mau kasih penjelasan yang lebih dalam lagi mengenai program yang ditawarkan AIESEC.

Secara garis besar, AIESEC memiliki puluhan program (yang tidak bisa disebutkan satu persatu) dimana semua program tersebut pastinya bertema global (youth conference, discussing about recent global issues, etc.). Namun, ada satu program yang menarik ditawarkan AIESEC dimana kita bisa going on exchange, alias pergi ke luar negeri sambil belajar dan juga bekerja di project yang sudah kita pilih sendiri, program itu bernama GCDP (Global Community Development Programme). Jadi, selama kalian disana, kalian akan banyak memiliki pengalaman seputar dunia kerja secara global yang nantinya akan kalian gunakan sepulang kalian ke Indonesia. Dan satu lagi, kalian jangan takut kekurangan dana untuk pergi ke luar negeri, karena kalian bisa minta support dari AIESEC sendiri (untuk accommodation selama di luar negeri) dan berbagai pihak yang bekerjasama dengan AIESEC untuk menjadi supporter kalian, menarik kan? ;)

Banyak peluang kerja yang bisa kita ambil sesuai dengan minat kita, sebagai contoh di bidang education, kita bisa menjadi pengajar untuk unfortunate kids alias anak-anak yang kurang mampu di negara berkembang. Banyak hal yang bisa kita ajarkan kepada anak-anak tersebut sesuai dengan kemampuan kita dan kemauan anak-anak tersebut.

How to join?

Sebenarnya, banyak cara untuk mendaftar sebagai member AIESEC. Dulu, Admin kebetulan lihat stand AIESEC di lorong BKS Atma Jaya, dan setelah tanya-tanya sedikit, Admin disuruh menuliskan nama beserta alamat email Admin di form registrasinya, selanjutnya team AIESEC mengirimkan prosedur apa saja yang harus dilakukan agar bisa menjadi Exchange Participant alias turut berpartisipasi untuk bekerjasama dengan AIESEC di luar negeri. Tapi, sekarang simplenya, kalian bisa cek terus twitter AIESEC UI (admin pilih UI karena merupakan salah satu Local Committee terdekat) di sini, kalian bisa lihat update program apa saja yang dibuka and you are free to ask anything related to AIESEC program!

So, brace yourself for your life-changing experience, starting from..now! ;)

30 Desember 2012 0 comments

0 comments:

Posting Komentar

html hit counter

powered by
Free Domain Name